Di tahun 2019, Microsoft Edge memasuki era baru dimana Edge sebelumnya menggunakan mesin independent telah diganti dengan engine baru, yaitu Chromium. Seperti apakah Edge Chromium tersebut?

Internet Explorer era

Menurut StatCounter, Internet Explorer telah menjadi pemakai browser terbanyak di tahun 1998 (Windows 98) sampai pertengahan 2012 (Windows 7 dan 8). Di jaman tersebut, Internet Explorer pernah dikalahkan oleh Netscape pada tahun 1996 sampai 1998. Namun, Internet Explorer telah berjaya di pertengahan tahun 1998 dikarenakan fitur terbaru dan performance tinggi. Di tahun 2001, Firefox telah diciptakan sebagai alternatif Internet Explorer. Namun, di awal tahun 2001 – 2015, Firefox masih belum bisa menang dari Internet Explorer. Di pertengahan tahun 2012 (Dimana Windows 8 telah dirilis), Internet Explorer telah disalip oleh pesaing terberatnya, Google Chrome.

Jika anda belum mengenali tampilan Internet Explorer lama, anda bisa melihat tampilan lama Internet Explorer di bawah ini.

Windows XP

Sumber: Malavida

Windows Vista

Sumber: Softonic

Windows 7

Sumber: HowToGeek

Windows 8 – 8.1

Sumber: Freeware Files

Edge era (Sebelum Chromium)

Sumber: Microsoft

Dengan dirilisnya Windows 10, Internet Explorer berubah total menjadi Microsoft Edge. Mulai dari awal versi Windows 10 sampai sekarang (Sebelum launching Edge Chromium), Microsoft berusaha untuk menambahkan fitur-fitur dan meningkatkan performance untuk Edge. Sangat disayangkan, pengguna Edge masih menurun sampai Firefox dapat menyalip Edge di pertengahan tahun 2015 dan Safari di awal tahun 2019 (Dari StatCounter). Oleh karena itu, Microsoft memutuskan untuk menggantikan mesin lama Edge menjadi Chromium.

Edge Chromium era

Di awal 2020, Edge berubah total menjadi Chromium dengan tampilan yang mirip seperti Chrome. Seperti apa perubahan total dari Edge tersebut?

Tampilan baru yang mirip seperti Chrome

Tampilan Edge Chromium hampir mirip seperti Chrome, tapi memiliki sedikit perbedaan. Terutama di toolbar, anda bisa akses Favorites (Via icon) lansung di toolbar.

New Tab

New Tab dari Edge Chromium tidak jauh berbeda dari Edge lama. Hanya saja ada 2 perubahan di New Tab Page. Yang pertama adalah Bing Background di Edge Chromium, dan yang terakhir adalah Page Layout.

Anda bisa mengubah Page Layout dari New Tab menjadi:

Focused

Inspirational

Informational

Browser Engine

Jika Edge lama masih menggunakan mesin independent, maka Edge Chromium telah menggunakan mesin baru, yaitu Chromium.

Extension

Ini kabar baik buat para pengguna Edge. Di versi Chromium, anda bisa install Extension dari Chrome Web Store ke Edge Chromium. Dengan adanya fitur tersebut, anda bisa menggunakan Extension dari Microsoft dan Chrome Web Store secara bersamaan (Disarankan jangan install Extension yang sama).

Icon Baru

Sumber: The Verge

Icon di Edge Chromium telah berubah sejak 2015. Icon tersebut sudah didesain oleh Fluent Design yang hampir sama seperti icon dari Microsoft Office.

Read Aloud

Fitur ini dapat memudahkan anda untuk mendengarkan text dari Website (Sangat bermanfaat untuk orang yang mengalami penyakit tuli)

More than this

Anda bisa menjelajah fitur terbaru dari Edge Chromium di link ini.

Edge Chromium akan dirilis secara Umum dan Global pada tanggal 15 Januari 2020. Sedangkan anda bisa mencoba Edge Chromium insider di link ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.