Persiapan untuk Windows 10 April 2019 Update

Windows 10 April 2019 Update sebentar lagi akan dirilis di bulan April. Namun, apakah PC anda sudah siap untuk menerima update dari Windows 10?

Yang harus anda siapkan adalah:

Backup Data

Backup data sangat diperlukan untuk menyimpan data-data terpenting anda di HDD yang tidak terinstall dengan Windows. Ingat kejadian file hilang setelah diupdate di October 2018 Update? Untuk itulah, anda harus membackup data terlebih dahulu sebelum update untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa backup data anda dengan cara menggunakan Backup and Restore dari Windows  atau bisa juga anda menggunakan software backup.

All Updated

Windows Update

Pastikan anda sudah terupdate dengan Windows Update agar anda bisa mengupdate ke April 2019 Update. Karena, anda akan menemukan banyak sekali update di Windows Update jika anda belum pernah mengupdate PC lewat Windows Update (Terutama yang masih memakan versi pertama Windows 10).

Drivers

Ini yang terpenting. Pastikan driver-driver hardware anda sudah terupdate ke versi terbaru. Anda bisa mengupdate driver anda dengan IOBit Driver Booster, atau di situs manufaktur laptop anda.

No Virus and Malware

Pastikan anda sudah bebas dari Virus dan Malware. Karena, PC anda akan jadi lebih bermasalah jika PC anda diupdate ke April 2019 Update, namun masih ada Virus dan Malware. Untuk mencegah Virus dan Malware, anda harus menginstall Antivirus di PC anda (Total Security / Internet Security merupakan pilihan terbaik untuk anda). Biasanya anda harus membayar berlanggan untuk mendapatkan Antivirus, namun ada juga Antivirus yang gratis (Free Edition) jika anda tidak mampu untuk beli Antivirus berbayar. Anda juga bisa menggunakan SMADAV (Antivirus dari Indonesia) untuk mendapatkan proteksi tambahan jika anda menggunakan Antivirus edisi gratis.

Patience

Anda harus bersabar, karena pada saat anda mengupdate ke April 2019 Update, waktu untuk update  akan membutuhkan waktu lebih lama. Mengapa?

  • Di sesi Download, waktu mendownload April 2019 Update bisa mencapai 45 menit – 3 jam (Approx) (Tergantung kecepatan internet anda)
  • Di sesi Install (Tahap 1), waktu menginstall April 2019 Update bisa mencapai 1 jam – 2 jam (Approx) (Tergantung performance dari PC anda)
  • Di sesi Install (Tahap 2), waktu menginstall April 2019 Update bisa mencapai 15 menit – 1 jam (Approx) (Tergantung performance dari PC anda)

Jadi, apakah PC anda benar-benar sudah siap untuk mendapatkan Windows 10 April 2019 Update?

×
error: Content is protected !!