Update selanjutnya untuk Windows 10 di tahun ini adalah April 2019 Update (Sebelumnya dinamakan 19H1). Di update yang akan mendatang, banyak sekali perbaharuan dan penambahan fitur-fitur untuk Windows 10 yang dapat memudahkan untuk menggunakan Windows 10 dengan mudah. Apa saja fitur-fitur di April 2019 Update?

NOTE: Fitur-fitur ini mulai dari awal pengembangan 19H1 sampai build 18323. Artikel ini akan diubah sewaktu-waktu jika ada perubahan.

Kenaikan Performa + Spectre Fix

Ingat awal tahun 2018, dimana kita shock berat karena Spectre? Di update ini, anda tidak perlu takut lagi karena perbaikan kecepatan PC dan eliminasi Spectre dari PC anda. Anda bisa membaca lebih detail tentang eliminasi Spectre dibawah ini.

Read more (Microsoft)

White Theme

Jika anda merasa bosan dengan penampilan Dark Theme di Windows 10, anda sekarang bisa mengganti warna Start Menu, Taskbar, Action Center, dan Windows Border dari hitam menjadi putih (Atau disebut juga White Theme). Ini juga akan berpengaruh dengan icon-icon di Windows Apps (Yang sudah support dengan White Theme). Begitu juga dengan icon File Explorer yang akan dicerahkan warnanya jika anda menggunakan White Theme.

Pause Windows Update

Di update ini, anda bisa pause update dari Microsoft jika perlu. Sebelumnya, hanya bisa digunakan untuk Windows 10 Pro. Namun di update ini, anda bisa menggunakan fitur tersebut di Windows 10 Home. Untuk Windows 10 Home, anda bisa pause sampai 7 hari. Kalau di Windows 10 Pro, anda bisa pause sampai 35 hari.

Windows Sandbox (Pro Only)

Sama seperti Virtual Machine (Seperti: VMWare, dan VirtualBox), anda bisa menjalakan Windows Sandbox di Windows 10. Namun, fitur ini sangat berbeda dengan Virtual Machine lainnya. Anda bisa install software dan menyimpan file di Windows Sandbox tanpa perlu mengkhawatirkan PC anda. Karena Windows Sandbox ini bekerja seperti Virtual Machine. Namun, jika anda menutup Windows Sandbox, software dan file yang anda install di Sandbox akan hilang dan dihapus. Windows Sandbox ini juga bisa bermanfaat untuk melakukan testing software bari para developers.

Fitur ini hanya bisa anda dapatkan di Windows 10 Pro. Jika anda belum mempunyai Windows 10 Pro, anda bisa membeli di toko terdekat.

Minimalisir Default Start Menu

Jika anda setelah install Windows 10 (Dengan April 2019 Update) pertama kali, Start Menu tersebut sudah diminimalisir agar tetap bersih di Start Menu dan terorganisir dengan baik.

Uninstall Build-In Apps

Di update ini, anda sekarang bisa menguninstall Windows 10 Apps yang secara default ada di Windows 10 setelah diinstall. Namun, anda tidak akan bisa menguninstall beberapa Apps yang sudah ada di Windows 10 setelah diinstall.

Cortana dan Search Bar tidak jadi satu lagi dan terpisah

Cortana dan Search Bar di update ini tidak akan jadi satu lagi dan berpisah. Namun, anda bisa mencari Bing Web Result, dan file-file anda di Search Bar anda. Dan, anda juga bisa menggunakan Cortana. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi soal itu.

Perlu diingat bahwa anda tidak dapat mengubah tampilan Cortana di Taskbar di update ini. Jadi, anda bisa menghilangkan icon atau menampilkan Cortana saja (Tidak ada opsi Show Cortana Box). Tapi, anda bisa mengubah tampilan Search Bar di taskbar dari Bar ke Icon, atau sebaliknya.

No Password at Login

Anda sekarang tidak butuh password lagi di update tersebut. Melainkan menggunakan SMS dari nomor telepon. Jika anda ingin mencoba login yang sudah terintegrasi dengan nomor telepon anda, anda akan mengapatkan SMS dari Microsoft yang berisi password untuk Login PC anda.

Windows Update Icon di System Tray

Jika anda menyalakan opsi “Show a Notification when your PC requires a restart to finish updating” dan mendapatkan update dari Microsoft, di update ini anda bisa melihat icon Windows Update di System Tray.

Peningkatan Notepad

Unicode bisa anda lihat di Notepad di April 2019 Update.

New Layout Settings

Settings di April 2019 Update kelihatan sudah mulai berubah. Anda akan melihat gambar profil Microsoft Acccount anda / PC anda, status backup OneDrive, Link Phone, status Windows Update, dan Reward.

Fluent Design dan Shadow Start Menu

Warna Taskbar Jump List

Tampilan Windows 10 anda jadi lebih berwarna. Karena di update ini, Jump List sudah dipenuhi dengan warna yang sudah sesuai dari Taskbar Color.

Auto Troubleshoot

Di update ini, Troubleshoot Windows 10 sudah dijadikan Otomatis. Jadi anda tidak perlu Troubleshoot manual jika ada kendala dari PC anda. Let the PC do this.

Sync Clock di Settings

Dulu anda harus buka setting Clock di Control Panel. Di update ini, anda bisa Sync Clock di Settings.

Storage Lebih Detail

Sama seperti di Android, update ini juga menampilkan daftar Storage secara lebih detail. Jadi anda bisa mengecek berapa banyak GB di beberapa kategori yang ada.

Update Active Hours

Di update ini, jika anda tidak menggunakan PC, namun update sudah siap untuk diinstall dan direstart, PC akan restart dengan otomatis.

Masih banyak fitur-fitur menarik yang akan datang di Windows 10 April 2019 Update. Terutama:

  • App Updates
  • Microsoft To-Do Terintegrasi dengan Cortana
  • Brightness Slider (Notebook / Laptop / Tablet only)
  • Disk Cleanup Warning
  • Native RAW
  • Font di Setting
  • Desain Baru Clipboard History
  • Desain Baru Reset PC

Jadi, mana fitur-fitur yang anda tunggu-tunggu selama ini?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.