Mengapa Anda Harus Coba Windows 10 Insider di Komputer Lama (Kedua) / Virtual Machine?

Rupanya dari rilisnya Windows 10 di tahun 2015 sampai sekarang sudah banya orang yang ingin mencoba fitur-fitur terbaru Windows 10 yang belum dirilis di Windows 10 versi Stable lewat Windows 10 Insider. Jika anda tidak tahu tentang itu, Windows 10 Insider adalah versi Alpha, Beta, dan Release Preview dari Windows 10. Jika anda membuka Settings, mungkin anda akan menemukan menu Windows Insider Program di Update & Security. Namun, apakah anda perlu Windows 10 Insider di komputer anda?

Anda dapat mengikuti Windows 10 Insider di PC anda jika anda ingin mendukung pengembangan Windows 10 atau ingin mencoba fitur-fitur baru Windows 10 yang masih berada di Fast Ring (Alpha) dan Slow Ring (Beta) (Contohnya, fitur yang baru di versi 19H1 adalah warna putih di taskbar). Langkahnya adalah:

  1. Buka Setting
  2. Buka Update & Security
  3. Buka Windows Insider Program
  4. Buka Get Started
  5. Ikuti langkah yang diberikan oleh sistem. Ingat, ada ketiga pilihan Ring yang harus anda ketahui. Yaitu:
    1. Skip Ahead to the Next Windows Release (Fast Ring / Skip Ring): Anda akan mendapatkan fitur-fitur Windows 10 yang belum ada di Windows 10 Stable, dan Slow Ring. Fitur yang ada di Ring tersebut akan muncul di Versi Update Windows 10 Berikutnya. Namun, anda akan menemui banyak bug-bug yang ada di Ring tersebut (Jika ada).
    2. Active Development of Windows (Slow Ring): Anda akan mendapatkan fitur-fitur dari Skip Ring yang sudah berstatus Beta (Setengah Stabil) (Jika ada), dan mendapatkan Build terbaru dari Windows 10 sebelum dijadikan ke Release Preview atau dirilis ke versi Stable. Anda juga mendapatkan 10%-50% bug-bug yang ada di Ring tersebut.
    3. Just Fixes, Apps, and Drives (Release Preview): Anda akan mendapatkan fitur-fitur dan Build dari Skip Ring dan Slow Ring yang sudah siap untuk dirilis menjadi versi Stable. Biasanya sebelum dirilisnya Update terbaru Windows 10, para pengguna Insider biasanya kebanyakan menggunakan Release Preview untuk menikmati fitur terbaru sebelum dirilis. Ring ini punya sedikit bug-bug yang ada di Release Preview tersebut (Biasanya 0%-10%).

Namun, Anda juga harus ingat bahwa Windows 10 Insider merupakan Versi belum stabil / Non-Stable. Jika anda menggunakan Windows 10 Insider Skip / Slow Ring, anda akan menemukan bug-bug yang dapat mengganggu anda (Seperti: BSOD, Lag (Performa Lambat), Bug yang dapat mempengaruh hardware, kecepatan internet menurun, Freezing, dan lain-lain). Jika anda menggunakan Windows 10 Insider Release Preview, harusnya tidak ada masalah, cuma anda akan mendapat Bug yang tidak terlalu banyak.

Jika anda ingin menggunakan Windows 10 Insider, sebaiknya digunakan di PC kedua / bekas atau Virtual Machine (Seperti: VMWare, dan VirtualBox). Biarkan PC utama anda (PC yang sering anda gunakan) menggunakan Windows 10 Stable agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengapa demikian?

Seperti yang aku jelaskan diatas, jika anda menggunakan Windows 10 Insider di PC Utama yang sering anda pakai, anda bisa dapat fitur terbaru dari Windows 10 Insider sebelum dirilis, namun anda akan diganggu dengan bug-bug yang ada di Windows 10 Insider (Skip / Fast). Apalagi di perkantoran, pekerjaan anda akan terganggu jika anda menggunakan Windows 10 Insider (Skip / Fast). Sebaiknya tidak disarankan untuk menggunakan Insider di PC Utama Anda (Seperti: PC Rumah, PC Kantor, maupun PC yang sering digunakan). Kecuali jika anda ingin menggunakan Windows 10 Insider Release Preview, anda bisa menggunakan di PC anda, namun anda akan mendapatkan bug-bug yang tidak terlalu banyak.

Anda bisa menggunakan Windows 10 Insider di PC bekas anda. Perlu diingat bahwa PC bekas anda harus sesuai dengan minimum System Requirement Windows 10. Atau, jika anda mempunyai PC Utama dengan spesifikasi tinggi / anda mempunyai PC Workstation, anda bisa menggunakan Virtual Machine (Seperti: VMWare, VirtualBox) untuk mencoba Windows 10 Insider. Namun, anda juga bisa menggunakan Virtual Machine di PC Mid-Range (Biasanya PC dengan i5), namun anda harus upgrade RAM dulu sebelum menggunakan Windows 10 Insider via Virtual Machine (Biasanya minimum 8 GB, rekommendasi saya 16GB atau lebih).

Terima kasih, Semoga Bermanfaat

×
error: Content is protected !!