Mengapa Anda Membutuhkan External HDD?

Di zaman ini, sekarang banyak pengguna PC yang ingin membeli External HDD sebagai tempat penyimpanan tambahan. Tentu saja itu terjadi karena ada limitasi untuk pemasangan storage untuk Laptop atau menyimpan file lebih banyak (Misalkan game, video, musik, dan data penting  lainnya). Tidak lupa juga untuk Backup sistem anda. Mengapa demikian?

Apa itu External Hard Disk Drive?

External HDD merupakan tempat penyimpanan tambahan yang bisa dibawa kemana-mana. External HDD terdapat 2 jenis ukuran, ada yang 2.5 inch yang hanya membutuhkan kabel usb untuk mengopersikan External HDD, dan ada yang 3.5 inch yang membutuhkan kabel listrik dan kabel usb untuk mengoperasikan External HDD. Tidak hanya ukuran saja yang membedakan, ada juga yang tipe HDD dan SSD, ada juga kapasitas yang berbeda (1TB – 8TB), dan ada juga yang memiliki tipe Cloud (Lewat Internet) dan non-Cloud.

Mengapa anda membutuhkan External HDD?

Jika anda memiliki Laptop, tentu saja ada limitasi untuk upgrade HDD (Misalkan, Laptop anda memiliki limitasi sampai 1TB HDD dan 512GB SSD). Jika HDD anda sudah mau habis, tentu saja anda perlu External HDD agar tidak kehabisan kapasitas HDD di Laptop anda. Apalagi anda juga membutuhkan itu jika anda Backup sistem PC anda.

Apa bedanya Cloud dan non-Cloud?

Jika anda berada di toko komputer, anda pasti menemukan 2 jenis External HDD yang berbeda, yaitu External HDD yang menggunakan Ethernet (Cloud) dan ada yang menggunakan USB (non-Cloud). Bedanya antara kedua itu adalah:

  • Penggunaan user: External HDD berbasis Cloud bisa dipakai untuk beberapa PC karena menggunakan kabel Ethernet (Disarankan jika PC anda menggunakan Gigabit Ethernet, anda butuh switch yang ada Gigabit Ethernet agar kecepat transfer file antara External HDD Cloud dan PC anda via Gigabit Ethernet sangat cepat), sedangkan External HDD berbasis biasa (non-Cloud) dipakai untuk 1 PC saja (Itu disebabkan karena port USB di External HDD hanya satu).
  • Kecepatan: External HDD non-Cloud biasanya menggunakan usb 3.0. Jika External HDD anda dipasang ke USB 3.0 Port, biasanya akan jauh lebih cepat. Namun sayangnya, saya belum mencoba External HDD yang berbasis Cloud. Biasanya tergantung kecepatan Ethernet.
  • Harga: External HDD Cloud biasanya mulai dari harga RP. 1.500.000 (2TB) dan External HDD non-Cloud mulai dari harga RP. 500.000 (500GB) sampai RP. 2.000.000 (4TB) untuk ukuran 2.5 inch, dan mulai dari RP.1.250.000 (2TB) untuk ukuran 3.5 inch. Bisa juga dikatakan External HDD Cloud  lebih mahal dibandingkan dengan External HDD non-Cloud.

Bagaimana dengan HDD dengan SSD?

Tidak perlu diragukan lagi bahwa SSD memang lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Dan seperti biasa, harga External SSD memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan External HDD. Namun, saya masih belum mengetahui adakah Terabyte Written di External SSD.

Apakah saya perlu membeli External HDD yang berukuran 2.5 atau 3.5?

Itu tergantung anda. Menurutku, alangkah baiknya jika anda membeli External HDD ukuran 2.5 inch untuk bepergian sehari-hari dan External HDD ukuran 3.5 inch untuk diletakkan ke rumah / kantor anda. Cocoknya untuk ukuran 2.5 bisa digunakan untuk menyimpan file-file anda yang bisa anda dibawa kemana saja dengan kapasitas file besar dan ukuran 3.5 untuk menyimpan data anda dan Backup PC.

Itu saja yang saya ketahui tentang External HDD. Artikel ini akan diupdate jika ada perubahan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber Gambar (Western Digital, Samsung)

×
error: Content is protected !!