Jika anda selesai menginstall / reinstall Windows di PC anda, mungkin anda sudah waktunya untuk melakukan sesuatu setelah menginstall / reinstall Windows. Apa saja yang harus anda lakukan? Simak berikut ini

Aktivasi Windows

Biasanya, setelah anda menginstall Windows, anda pasti harus melakukan aktivasi Windows. Jika anda menginstall Windows dari ISO yang anda download dari situs download, anda akan membutuhkan crack / patch. Namun, cara ini tidak saya rekommendasikan. Mengapa? Biasanya crack / patch dapat mengandung malware / virus. Agar anda tidak mengalami kejadian seperti ini, anda butuh membeli Windows asli di toko komputer. Namun, jika anda tidak punya pilihan lain (Uang tidak mencukupi, stock habis), anda dapat crack / patch Windows (Jika anda ingin crack / patch Windows, jangan install Windows dari CD/DVD Windows yang anda beli, pakai ISO yang anda download di situs download)

Melakukan Disk Cleaner

Instsll dan reinstall Windows akan dapat meninggalkan cache dan juga memindahkan data anda (C:/Users/[Nama User Anda]) ke windows.old (Jika anda melakukan pilihan nothing). Sebelum anda melakukan Disk Cleaner, data yang ada di windows.old harus anda backup sebelum melakukan Disk Cleaner, karena Disk Cleaner bisa juga menghapus cache / bekas installasi Windows dan juga data anda (C:/Users/[Nama User Anda]). Pastikan anda menjalankan Disk Cleaner dengan Administrator mode.

Install Ninite

Mengapa Ninite? Nah, ini merupakan metode baru agar anda tidak perlu membuka installasi banyak. Cukup buka Ninite, program yang anda ingin install langsung terinstall ke PC (Koneksi Internet dibutuhkan). Inilah rekommendasi dari saya untuk menginstall program dari Ninite:

NOTE: Jangan diinstall jika anda tidak perlu menggunakan aplikasi tersebut

  • Web Browsers: Google Chrome, Mozilla Firefox
  • Utilities: ImgBurn, TeraCopy, Revo, Glary (Optional), TeamViewer (Optional)
  • Messaging: Skypa, Pidgin, Thunderbird, Yahoo
  • Developer Tools: Notepad++, JDK, WinMerge
  • Media: iTunes, VLC, Winamp, Spotify (Tidak tersedia di Indonesia), QuickTime
  • Runtimes: Java 8, .NET (Jika Windows anda XP/Vista/7)
  • Compression: 7-ZIP, WinRar
  • Imaging: Picasa, Greenshot
  • Documents: Reader DC, LibreOffice, PDFCreator
  • Security: Semua antivirus saya rekommendasikan karena semua antivirus di Ninite gratis. Jika anda ingin antivirus yang bagus, anda tidak perlu menginstall antivirus dari Ninite.
  • File Sharing: qBittorrent
  • Other: Evernote, Google Earth, Steam, KeePass 2
  • Online Storage: Dropbox, Google Drive, OneDrive (Jika Windows anda XP/Vista/7)

Download sekarang dan pilih aplikasi yang anda ingin install di ninite.com

Install AntiVirus

Jika anda tidak ingin menginstall antivirus gratis dari Ninite, anda dapat menginstall AntiVirus yang memiliki fitur lebih (Pro, Internet Security, Total Security). Namun, setelah anda menginstall AntiVirus dari CD/DVD atau dari web, anda butuh lisensi (Hampir semua lisensi dari Manufaktur AntiVirus tidak lifetime (Bisa jadi 1/3/6 bulan, atau 1/2 tahun)). Inilah rekommendasi dari saya untuk menginstall AntiVirus:

NOTE: 1. Anda harus menginstall AntiVirus hanya satu saja, jangan lebih dari satu. 2. AntiVirus yang anda install harus update dulu sebelum melakukan aktivasi AntiVirus. 3. Versi AntiVirus dan lisensi AntiVirus harus cocok.

  • BitDefender
  • Avast
  • AVG
  • AVIRA

Install PC Utilities

Ini sangat saya rekommendasikan karena PC Utilities dapat membuang registry yang tidak terpakai, defrag HDD, membuang shortcut yang mati, membuang data-data yang masih temporary / tidak terpakai, dan masih banyak lagi agar PC anda lebih cepat dan stabil. Banyak aplikasi-aplikasi PC Utilities yang ada di toko komputer atau web. Yang saya pakai sampai sekarang adalah AVG PC TuneUp (Dulu: TuneUp Utilities).

Install Microsoft Office

Microsoft Office merupakan produk yang sangat populer untuk para pekerja dan mahasiswa. Aplikasi ini sangat saya rekommendasikan untuk produktifitas. Saya sarankan untuk selalu beli Microsoft Office asli dari toko komputer atau Microsoft Store

Connect to Microsoft Account (Only Windows 8/8.1/10)

Menurut Microsoft, menghubungkan Microsoft Account ke Windows merupakan rekommendasi agar dapat restore / backup setting, mengakses Xbox, dan masih banyak lagi. Ini juga merupakan rekommendasi dari saya.

Anda juga dapat menginstall beberapa aplikasi yang anda inginkan ke Windows anda. Namun, tidak semua aplikasi bisa dijalankan di Windows terbaru. Kunjungi Windows Compatibility untuk mengetahui aplikasi dan driver yang dapat anda install.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.